Aoyama International Education Institute Japanese Center

English
簡体中文
繁體中文
한국어
Việt
ภาษาไทย
日本語

 

Japanese Center TOP

Aoyama International Education Institute Japanese Center FAQ

Mengenai pelajaran

Waktu kelas dari jam berapa?

Kelas pagi dari jam 9:00-12:30, kelas sore dari jam 13:00-16:30, masing-masing 4 jam pelajaran (45 menit). Kelas pagi dan kelas sore dibagi sesuai kemampuan bahasa Jepang dan tidak bisa dipilih pelajar. Kelas sore adalah kelas level basic-early intermediate, kelas pagi adalah kelas level upper intermediate-advanced.

Bagaimana menentukan kelas?

Akan dilaksanakan ujian penempatan (percakapan, listening, tertulis) sewaktu masuk sekolah, dan penempatan kelas akan didasarkan hasil tes. Pelajar yang ingin masuk kelas kelanjutan pendidikan akan mengikuti ujian masuk kelas (didasarkan dari EJU dan JLPT) selain ujian penempatan.

Bagaimana kalau saya tidak bisa berbahasa Jepang sama sekali?

Tergantung ketentuan pemerintah, pelajar dari beberapa negara harus melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Jepang setara Japanese Language Proficiency Test [JLPT] N5, Test of Practical Japanese [Jtest] level E-F, Japanese Language NAT-Test level 4 untuk pendaftaran visa.

Dapatkah saya meneruskan pendidikan di Jepang?

Tentu saja. Terdapat kelas kelanjutan pendidikan dan kelas kelanjutan pendidikan (program magister) dan setiap tahun terdapat banyak pelajar yang diterima di universitas. Pelajar yang ingin melanjutkan ke politeknik atau sekolah tinggi kejuruan juga akan dibimbing sewaktu di kelas reguler. Sekolah juga membuka kelas khusus untuk persiapan ujian EJU dan ujian penerimaan mahasiswa(Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu sosial, dan lain-lain).
Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan cek link ini.

Apakah ada kegiatan lain selain belajar di sekolah?

Sekolah menyediakan banyak acara refreshing seperti welcome party pelajar baru(Tokyo Disneyland), jalan-jalan tahunan, pesta natal, turnamen pidato dan lain-lain. Sekolah juga menyediakan banyak event pertukaran budaya seperti festival Tanabata, Rakugo (humor tradisional Jepang) dan lain-lain. Selain itu, sekolah juga mengadakan event pertukaran budaya rutin dengan pelajar Jepang.
Untuk jadwal lengkap, silahkan cek link ini.

▲ TOP

Mengenai AIEI

Berapa perbandingan pelajar AIEI?

Korea Selatan 35%, Vietnam 30%, PRC 20%, Taiwan dan Hong Kong 10%, lain-lain 5% (Maret 2013)

Apakah ada asrama?

Ada. Selain asrama sekolah, kami juga dapat mengenalkan pelajar ke asrama privat (termasuk makanan). Silahkan kontak kami melalui E-mail atau telefon sewaktu mendaftar.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai asrama, silahkan cek link ini.

Apakah ada beasiswa dari sekolah?

Ada. Selain beasiswa dalam sekolah, banyak juga beasiswa luar untuk sekolah unggulan seperti AIEI.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai beasiswa, silahkan cek link ini

▲ TOP

Mengenai kehidupan sehari-hari di Jepang

Saya pertama kali tinggal di Jepang dan saya tidak mengenal siapa-siapa. Saya juga khawatir mengenai tata-krama dan kebiasaan-kebiasaan orang Jepang…

Sekolah memiliki staff yang dapat berbahasa Inggris, Mandarin dan Korea. Anda bisa berkonsultasi dengan mereka apabila terjadi masalah. Selain itu, ada juga perkumpulan alumni yang bisa membantu. Sekolah juga mengadakan orientasi mengenai kehidupan sehari-hari di Jepang pada awal semester.
Untuk keterangan selanjutnya mengenai kehidupan sehari-hari, silahkan cek link ini

Apakah saya dapat berkerja paruh waktu?

Bisa. Juga ada banyak tempat yang pekerjaan paruh waktu di sekitar sekolah. Untuk berkerja, anda harus memiliki izin dari Biro Imigrasi Jepang
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai izin kerja, silahkan cek link ini

Mengenai visa

Berapa lama saya bisa belajar di Jepang?

Paling lama bisa belajar selama 2 tahun di institut pendidikan bahasa Jepang.

Bisakah saya ke Jepang tanpa guarantor orang Jepang?

Orang tua bisa menjadi guarantor. Dibutuhkan surat keterangan saldo yang cukup untuk biaya hidup selama di Jepang.

Bisakah saya pergi ke Jepang sebelum lulus SMA?

Anda dapat memakai visa kunjungan pendek 3 bulan untuk belajar, tapi dibutuhkan ijazah SMA atau setara untuk mendaftarkan visa pelajar.

▲ TOP